Hasil PA & IHK

Ini dia penjelasan lengkap hasil PA (Patologi Anatomi) & IHK (Imuno Histo Kimia). Ini dirangkum dari hasil ngobrol sama dr Evert dan dr Sugiono di kesempatan berbeda. 

* Karsinoma mammae invasif

Artinya, kanker payudara ini invasif. Alias sudah mulai menyerang ke jaringan lain. Dalam kasus gw, ke kelenjar getah bening. Versi web luar, ini disebut IDC atau Invasive Ductal Carsinoma. Tergolong kanker payudara yang umum dialami. Ini degdegan karena begitu sudah sampai di kelenjar getah bening, itu sel kanker udah bisa jalan ke mana aja. Tanpa terdeteksi secara fisik maupun dari pindaian. Misalnya dia sudah sampai di paru-paru tuh, nah sel kanker baru terdeteksi pindaian kalau sudah 100 juta sel. Kalau 'baru' jutaan sel, nggak terdeteksi. Gaswat.

* DCIS < 50%

Artinya, Ductal Carsinoma In Situ = kanker di kelenjar susu yang masih ada di lokasi. Ini yang sempet bikin bingung karena seperti bertentangan dengan info invasif ini. Jadi ternyata, di payudara gw itu ada yang sudah invasif, ada juga yang masih on location. Ada yang masih di kelenjar susu, ada yang sudah jalan-jalan entah sejauh apa. 

* Ditemukan anak sebar pada 3/10 kelenjar getah bening

Artinya, ini udah jalan dari payudara ke kelenjar getah bening. Ada 10 sampel kelenjar getah bening gw yang diambil. Tiga diantaranya udah kena kontaminasi. Ini mestinya yang namanya metastase atau penyebaran. Dan artinya, bisa banget ada sel kanker yang udah jalan-jalan ke tempat lain dan tak terdeteksi.

* Ukuran tumor

Despite the horror pas lihat temuan tumor di payudara gw, ternyata ukuran tumor 1.5 cm. Or may I say, 1,5 cm saja. 

* Emboli limfatik

Artinya di dalam pembuluh limfe/getah bening, sudah ada sel kanker. 

* Grade 1

Ini ternyata bukan sinonim dengan ukuran tumor yang ditemukan. Tapi ini menunjukkan tingkat keganasannya rendah. Artinya, bisa jadi si tumor yang kemarin diangkat itu sudah lama ngendon di payudara. Begitu juga sel kanker. Tapi karena dia keganasannya rendah, jadi nggak cepat bertumbuh dan/atau ketahuan. 

Sementara di hasil IHK, hasilnya begini:

* Reseptor estrogen & progesteron positif

Sel kanker itu cs-an sama estrogen progesteron. Akan tumbuh cepat kalau ada estrogen dan progesteron itu. Kayak pupuk. Sementara tubuh perempuan ya memang memproduksi keduanya secara alami. Karena positif, artinya pertumbuhan sel kanker gw bisa ditekan dengan mengendalikan estrogen progesteron itu. 

* c-erb-B2 positif 2

Dalam bahasa jaman sekarang, c-erb-B2 itu adalah HER2. Angkanya kan positif 2 tuh, sementara angka itu adalah ambang batas. Yang dicari justru positif 1 atau positif 3. Kalau 1 dianggap negatif, kalau 3 dianggap positif. Ini akan menentukan jenis obat kemo yang akan dikasih. Karena itu ada pemeriksaan lanjutan terhadap tumor gw itu, yaitu pemeriksaan CISH. Jika CISH positif, maka tingkat kekambuhan kanker tinggi. Jika CISH negatif maka tingkat kekambuhan rendah. 

Dr Sugiono berkali-kali menegaskan kalau setelah aneka kemo dll, belum tentu semua sel kanker hilang. Si sel kanker bisa aja diam, bersembunyi dan mengintai, menunggu saat yang tepat untuk strike back. Ampun dije. 

* Pasien sesuai untuk mendapatkan terapi hormonal

Artinya, produksi estrogen progesteron gw akan ditekan supaya tidak 'menyuburkan' sel kanker. Estrogen progesteron ditekan, sehingga sel kanker nggak bisa tumbuh. Obat hormon itu diminum untuk jangka waktu 10 tahun. 

Fiuh. 

Jaga semangat. Jaga makan. Jaga kewarasan. 

Happy to be alive - this is all that matters. 

Comments

  1. selamat malam, kak kalo boleh tau tes lab ihk dilakukan dimana? ibu saya kanker payudra stadium 2, sudah melalui 6x siklus kemo(premier jatinegara) dan rencana mau tes ihk. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kalgen bs mba, rscm , dharmais jg bs mba..

      Delete
  2. Boleh share pola makan yang sekarang dijalani bagaimana?

    ReplyDelete
  3. Mau tanya kalo tope A1 dr hssil ihk artinya apa dok? Hrs minum obt kemo dgn jangka wkt tertentu kg kah? Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Mau tanya kalo tipe A1 dr hssil ihk artinya apa dok? Hrs minum obt kemo dgn jangka wkt tertentu jg kah? Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. apakah kl dah di rujuk dari patologi ke IHK dah pasti kanker ya

    ReplyDelete
  6. Kirakira biaya periksa IHK di rscm berapa ya? Saya terbentur sm biaya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsul ke dr Evert

Ini Dia Kata Dokter Bedah Onkologi (1)